10 Beladiri paling populer di Indonesia


Beladiri adalah salah satu olah raga yang populer di kalangannya. Meskipun tidak sepopuler olah raga lain, tetapi beladiri mempunyai banyak manfaat selain untuk kebugaran. Diantaranya menambah rasa percaya diri, dan tentu saja, untuk membela diri dalam keadaan terdesak.
Berikut adalah 10 beladiri paling populer di Indonesia menurut Best 10 Indonesia.

Karate



Karate adalah beladiri paling populer di Indonesia. Beladiri asli Jepang ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1960an dan terus berkembang hingga sekarang. Dengan banyaknya Ekskul Karate di sekolah-sekolah dan UKM Karate di Kampus, Karate adalah beladiri yang paling banyak dilakukan orang Indonesia. 
Taekwondo adalah olah raga paling populer nomor 2 di Indonesia. Terutama dikalangan anak muda. Sedikit berbeda dengan Karate, Taekwondo lebih fokus dengan tendangan dari pada pukulan. Taekwondo Juga banyak sekali menjadi Ekskul dan UKM. Taekwondo yang asli Korea Selatan ini booming di Indonesia di akhir 90an hingga sekarang.

Pencak Silat


Sebagai beladiri asli Indonesia, ternyata Pencak Silat kalah populer dengan Karate dan Taekwondo. Penyebabnya mungkin karena banyak anak muda yang lebih suka budaya Jepang dan Korea. Dan banyak perguruan silat yang masih bersifat tradisional dan mempunyai tradisi yang dekat dengan hal-hal berbau mistis.

Wushu

Seni beladiri asli china ini cukup populer di Indonesia. Menekankan kepada kelenturan dan keindahan gerak, sehingga banyak anak-anak yang berlatih wushu sejak kecil. Wushu juga banyak dijadikan ekskul dan UKM di sekolah dan kampus. Wushu sudah masuk Indonesia dari sejak jaman sebelum kemerdekaan, karena di bawa oleh pendatang dari negeri China.

Jujutsu


Beladiri asal Jepan ini tergolong keras. Sempat booming di akhir 80-90aan, saat ini kalah bersaing dengan beladiri lain yang cenderung lebih soft. Jujutsu mempunyai banyak sekali teknik mulai dari pukulan dan tendangan, kuncian, bantingan, dan juga beladiri senjata.

Muay Thai


Muay Thai atau disebut juga Thai Boxing mulai populer di tahun 2000an awal, dan terus berkembang. Termasuk beladiri keras dan membutuhkan fisik yang prima. Saat ini banyak diadaptasi juga menjadi senam karena dianggap sangat bagus membakar lemak. Muay Thai disebut Thai Boxing karena mirip tinju tetapi juga menggunakan tendangan dan pukulan sikut.

Aikido


Aikido adalah olah raga beladiri yang tergolong baru di Indonesia. Olah raga asal Jepang ini bersifat defensif, dan berprinsip mengalirkan tenaga lawan untuk melumpuhkan lawan, bukan menggunakan tenaga dari kita. Aikido berfokus pada kuncian dan bantingan. Aikido tidak dikompetisikan dan justru menjadi populer di kalangan orang dewasa. Aikido berlatih menggunakan matras untuk keamaan praktisinya.

Judo


Judo adalah olah raga yang befokus pada kuncian dan bantingan. Berbeda dengan Aikido, Judo lebih banyak menggunakan tenaga, dan sangat kental dengan dunia kompetisi, mulai dari tingkat daerah, nasional, hingga olimpiade.

Kungfu


Kungfu adalah beladiri asal negeri China, dan sebetulnya banyak alirannya. Diantaranya yang populer adalah aliran shaolin, taichi dan wing chun. Meskipun banyak aliran tetapi orang kita menyebutnya sebagai satu beladiri dengan nama Kungfu.

Kendo


Kendo adalah beladiri senjata dari Jepang. Menggunakan pedang dari bambu dan armor yang tertutup menjadikan Kendo olahraga yang aman meskipun terlihat keras. Kendo juga olah raga yang sangat kompetitif, dengan kompetisi mulai tingkat lokal, nasional, hingga duna. Info lebih lengkap tentang Kendo bisa di cek di website www.kendo.web.id.

Nah demikianlah 10 beladiri paling populer di Indonesia menurut Indonesia Top 10

Comments