10 Spot Tempat Terbaik dan Populer untuk Melihat Bunga Sakura di Jepang selain di Tokyo

10 tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Jepang di luar Tokyo

Musim semi adalah musim terbaik untuk berkunjung ke Negeri Sakura, Jepang.  Di musim semi ini bunga sakura mekar dan membuat jalan dan taman kota menjadi pink.

Mekarnya sakura tidak bersamaan di tiap wilayah, terutama yang di bagian selatan ataupun utara Jepang. Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk melihat bunga sakura mekar di Jepang di luar kota Tokyo. Untuk daftar tempat terbaik melihat bunga sakura mekar di kota Tokyo bisa melihat di link ini.

1. Yoshinoyama - Nara

sakura yoshino yama gunung yoshino jepang


Yoshinoyama atau Gunung Yoshino, terletak di prefektur Nara, di sebelah Kyoto dan Osaka. Tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat melihat bunga sakura terbaik di Jepang selama bertahun-tahun. Gunung ini terletak di dalam Taman Nasional Yoshino-Kumano. Ada sekitar 30.000 pohon sakura dengan berbagai jenis. Pemandangan menakjubkan bunga sakura dalam berbagai warna merah muda dapat dilihat di lereng gunung. Bunga sakura biasanya mulai mekar dari akhir Maret hingga awal April, dan mencapai mekar penuh dari awal hingga pertengahan April dan berlangsung hingga akhir April. Pengunjung dapat menikmati pemandangan bunga sakura dan berjalan atau berpiknik di bawah pohon di gunung Yoshino. Penerangan pada pohon juga dipasang selama bulan April untuk melihat sakura pada malam hari.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sekitar pertengahan April

2. Taman Matsumae - Hokkaido

matsumae park sakura


Taman ini memiliki 10.000 pohon sakura dengan sekitar 250 jenis. Ada bunga sakura mekar di awal musim, mekar tengah musim, dan mekar akhir musim, yang memungkinkan semua orang untuk menikmati bunga selama sebulan penuh. Festival Sakura Matsumae yang diadakan dari akhir April hingga pertengahan Mei menyelenggarakan berbagai acara seperti bazar yang menampilkan makanan laut dan permen serta pertunjukan langsung. Di antara acara-acara ini, acara utama adalah Prosesi Samurai yang berpawai menggunakan pakaian lengkap plus baju zirah.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Awal Mei.

3. Kastil Himeji - Osaka

kastil himeji sakura japan jepang


Kastil Himeji dikenal sebagai satu dari hanya dua belas kastil asli yang tersisa di Jepang dan dianggap sebagai kastil paling indah di negara Jepang. Halaman kastil sangat populer selama musim bunga sakura, karena memiliki sekitar 1000 pohon sakura. Puncak mekarnya biasanya datang pada awal April. Karena ini adalah tempat yang sangat populer di Jepang, biasanya sangat ramai selama musim sakura. Kunjungi kastil Himeji sebelum makan siang untuk menghindari keramaian.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Awal April

4. The Philosopher's Path - Kyoto

philosopher path sakura japan


The Philosopher's Path (Tetsugaku no Michi) adalah jalan setapak beraspal dan objek wisata yang populer di Kyoto. The Philosopher's Path terletak di dekat Kuil Ginkakuji, menuju Kuil Nanzenji dan panjangnya sekitar 2 km. Jalan itu mengikuti sebuah kanal yang dipagari oleh 500 pohon sakura. Di tempat ini pohon sakura berjajar di tepi jalan setapak dan mekar dengan indah di musim semi dan menciptakan warna merah muda yang indah. Pada akhir musim bunga sakura, pemandangan kelopak bunga yang jatuh dan mengambang memenuhi kanal juga sangat indah.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Awal April

5. Kastil Hirosaki - Aomori

himeji castle sakura japan


Kastil Hirosaki terletak di kota Hirosaki, Aomori, Jepang Utara. Ada sekitar 2.600 pohon sakura yang ditanam di sekitar kastil. Biasanya mencapai puncak mekar sekitar akhir April hingga awal Mei. Selama periode ini, festival bunga sakura diadakan di Taman Hirosaki yang berada di dekat kastil, dan penerangan pohon dapat dinikmati pada malam hari hingga jam 10 malam. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat bunga sakura setelah kelopak jatuh. Ketika bunga mulai jatuh, parit dalam dan luar kastil dipenuhi dengan kelopak merah muda, seperti karpet merah muda, membuat pemandangan sangat indah.

Waktu terbaik untuk berkunjung: akhir April - awal Mei

6. Taman Maruyama - Kyoto

maruyama park japan sakura


Taman Maruyama adalah taman paling populer di Kyoto untuk melihat bunga sakura. Dengan tempat yang begitu luas, terdapat lebih dari 680 berbagai jenis pohon sakura. Tempat ini sangat terkenal dengan ikon pohon sakura menangis (Shidarezakura) yang tingginya 12m dan berumur 88 tahun, yang menarik jutaan pengunjung sebagai simbol bunga sakura di Kyoto.

Taman Maruyama terkenal dengan Yozakura of Gion, karena merupakan tempat yang populer untuk melihat malam bunga sakura (Yozakura). Pencahayaan di taman dilakukan hingga pukul 1 pagi.

Waktu terbaik untuk berkunjung: akhir Maret hingga awal April

7. Kawaguchiko - Yamashina

kawaguchi lake japan sakura


Kawaguchiko (Danau Kawaguchi) adalah salah satu dari Fujigoko (Lima Danau di sekitar Gunung Fuji). Lima Danau Fuji adalah tempat wisata populer di dekat Gunung Fuji sepanjang tahun, dan setiap danau menawarkan pemandangan Gunung Fuji yang menakjubkan. Kawaguchiko adalah salah satu danau yang paling mudah diakses dibandingkan dengan empat lainnya.

Kawaguchiko juga sangat populer selama musim bunga sakura. Ada sekitar 300 pohon sakura yang ditanam sekitar 1 km di sepanjang pantai utara danau. Penerangan pohon sakura di malam hari juga dilakukan selama musim sakura, sehingga pengunjung dapat menikmati Yozokura hingga jam 9 malam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi, dan menikmati Sakura Matsuri, Festival Bunga Sakura Fuji Kawaguchiko sekitar pertengahan April.

8. Taman Kastil Osaka - Osaka

osaka castle sakura japan


Kastil Osaka adalah salah satu kastil terbesar di Jepang dan pemandangan wisata yang populer di kawasan Osaka. Anda dapat menikmati pemandangan indah kastil dengan 3000 pohon sakura di sekitarnya. Festival bunga sakura diadakan selama musim sakura dan penerangan pada pohon dapat dinikmati di malam hari.

Waktu terbaik untuk berkunjung: akhir Maret hingga awal April

9. Gunung Akagi - Gunma

akagi sakura japan


Terletak tidak terlalu jauh dari Tokyo, tempat ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Jepang. Ada lebih dari 1000 pohon sakura merah muda yang membentuk terowongan sepanjang 1,3 km. Penerangan pohon di malam hari dilakukan di musim puncak sakura dan selama Festival Bunga Sakura Akagi, yang biasanya diadakan pada awal April.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Awal April.

10. Miyajima - Hiroshima

miyajima sakura japan


Miyajima adalah pulau kecil di luar Hiroshima yang terkenal dengan kuilnya dan gerbang Torii yang "mengambang". Ada berbagai macam jenis pohon sakura dari sekitar 1.300 pohon sakura yang ditanam di sekitar kuil dan di sepanjang jalur jalan kaki di dalam pulau. Dengan letak yang lebih tinggi, Anda dapat menikmati pemandangan indah Pagoda yang dikelilingi oleh kelopak merah muda dan gerbang Torii yang tampak seolah-olah mengambang di laut.

Waktu terbaik untuk berkunjung: Akhir Maret.

Nah demikianlah10 Spot Tempat Terbaik dan Populer untuk Melihat Bunga Sakura di Jepang selain di Tokyo. Selamat berwisata!


Comments