10 Spot Tempat Terbaik dan Populer untuk Melihat Bunga Sakura di Tokyo Jepang


Musim semi adalah musim yang special untuk Jepang. Di musim inilah saat dimana bunga sakura mekar dan membuat taman-taman dan jalan-jalan di Jepang menjadi berwarna merah jambu yang sangat indah dipandang.
Karena itulah musim semi, dan juga musim sakura mekar, Jepang menjadi tujuan banyak wisatawan dari seluruh dunia.
Dalam bahasa Jepang ada istilah hanami, yaitu tradisi melihat bunga sakura mekar bersama teman dan keluarga. Biasanya hanami disertai piknik dan makan-makan di bawah pohon sakura. Pada musim sakura mekar, taman-taman yang terdapat banyak pohon sakura menjadi padat oleh pengunjung yang ingin ber-hanami. Kadang sampai-sampai kita tidak kebagian tempat untuk ber-piknik.
Banyak juga taman-taman yang menempatkan penerangan di pohon sakura, yang membuat pohon dan bunga sakura terlihat berkilauan pada malam hari.
Jepang mengalami musim semi sekitar awal Februari – April akhir, dan bunga sakura mencapai puncak mekarnya sekitar awal Maret - akhir April, tergantung lokasi. Hal ini karena kepulauan Jepang membentang dari selatan yang lebih dahulu mengalami perubahan musim, kemudian disusul area sebelah utara hingga kemudian sampai ke kepulauan Hokkaido di ujung utara Jepang.
Untuk area Tokyo, sakura mekar sekitar akhir Maret hingga awal April. Jadi kalau anda ingin melihat bunga sakura mekar di daerah sekitar Tokyo, silakan atur jadwal sekitar waktu tersebut ya.
Berikut adalah 10 tempat melihat bunga sakura terbaik di sekitar area Tokyo.

Ueno Park (Ueno Koen / Taman Ueno)



Ueno Park adalah taman luas di tengah kota Tokyo, yang dipenuhi banyak pepohonan dan nuana yang asri. Dengan jumlah pohon sakura sekitar 1000 pohon, taman ini adalah salah satu tujuan utama orang untuk melihat bunga sakura. Karena itu seringkali pada masa puncak sakura mekar, taman ini begitu ramai dan penuh oleh orang. Padahal taman ini sangat luas. Pada masa puncak sakura tersebut juga biasanya ada festival bunga sakura dengan banyak stand yang menjual aneka makanan dan minuman.

Shinjuku Gyoen


Shinjuku Gyoen terletak pusat kota Tokyo yang terkenal padat, yaitu Shinjuku. Shinjuku gyoen ini adalah taman nasional yang luas dan memiliki sekitar 1000 pohon sakura. Taman ini memiliki beberapa varian dari bunga sakura dengan variasi masa mekarnya. Ada yang mekar di awal musim, ada juga yang mekar di akhir musim. Sehingga taman ini menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin melihat bunga sakura, tetapi tertinggal masa pucak mekarnya.

Sumida Park (Sumida Koen / Taman Sumida )


Sumida Park adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Tokyo yang terletak di tepi sungai Sumida (Sumida Gawa). Lokasinya sangat dekat dengan tempat wisata terkenal di area Tokyo, diantaranya Asakusa dan Tokyo Skytree. Ditaman ini anda bisa melihat keindahan bunga sakura dengan latar belakang Tokyo Skytree. Taman ini memiliki sekitar 1000 pohon sakura yang berbaris sepanjang tepi Sungai Sumida. Kita juga bisa menyewa perahu dan menikmati keindahan bunga sakura dari atas sungai.

Meguro River (Meguro Gawa / Sungai Meguro)



Sungai Meguro adalah salah satu lokasi yang sangat popular untuk melihat bunga sakura. Lokasi yang menjadi pusatnya adalah Nakameguro, yang terletak dekat dengan pusat keramaian di pusat kota Tokyo, Shibuya. Di Sungai Meguro, ada sekitar 800 pohon sakura yang berbaris di tepi sungai sepanjang 4km yang membuat pemandangan begitu indah. Pada masa puncak mekarnya bunga sakura, biasanya digelar festival dengan banyak stand menjual makanan dan minuman. 

Selain itu di sepanjang tepi sungai juga banyak kafe dan restaurant yang menyediakan tempat duduk di teras dan menghadap kea rah sungai. Jadi kita bisa melihat bunga sakura sambil menikmati makanan dan minuman yang lezat. Kita juga bisa menikmati bunga sakura di daerah Sungai Meguro ini pada malam hari, karena penerangan yang diletakan diatas pohon sakura menyala sampai pukul 9 malam.

Chidorigafuchi 



Chidorigafuchi adalah lokasi popular untuk melihat bunga sakura di Tokyo. Lokasi ini dulunya adalah parit dari Kastil Edo, dan terletak di dekat istana kekaisaran. Bunga sakura bisa kita nikmati pada malam hari juga, karena penerangan bunga sakura dilakukan hingga jam 8 malam.
Lokasi ini memiliki sekitar 700 pohon sakura yang berjejer di sepanjang parit, dan cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menyewa perahu dan berkeliling menelusuri parit tersebut. Ketika musim sakura berakhir, bunga-bunga sakura berjatuhan dan menutupi hamper seluruh permukaan parit, membuat seolah parit berubah menjadi sungai berwarna pink.
Aoyama Cemetery (Pemakaman Aoyama)


Aoyama Cemetery adalah salah satu pemakaman umum tertua di Jepang. Tempat ini juga terkenal sebagai tempat untuk melihat bunga sakura. Lokasinya cukup terjangkau dari lokasi-lokasi popular seperti Shibuya, Harajuku dan Roppongi. Lokasi ini cocok bagi anda yang ingin menikmati bunga sakura dalam suasana yang tenang.

Yoyogi Park (Yoyogi Koen / Taman Yoyogi)


Yoyogi Park merupakan salah satu taman nasional terluas di Jepang. Lokasinya dekat Shinjuku, Harajuku dan Shibuya sehingga sangat mudah diakses bagi kita yang masih awam dengan kota Tokyo. Di taman ini sering diadakan berbagai event sepanjang tahun. Taman Yoyofi terkenal sebagai tempat menikmati bunga sakura di musim semi, dan menikmati bergugurannya daun-daun di musim gugur.
Ketika musim sakura, taman ini adalah salah satu tempat paling popular untuk melakukan hanami. Orang-orang banyak yang dating sejak pagi-pagi, agar bisa kebagian tempat pinknik di bawah pohon sakura.

 Asukayama Park (Asukayama Koen / Taman Asukayama)

Puncak bukit di Asukayama Park adalah salah satu tempat favorit untuk melihat bunga sakura. Ratusan pohon sakura terbentang sepanjang lereng bukit. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat Tokyo membuat tempat ini tidak terlalu padat dibanding spot lain. Taman Asukayama juga menjadi tempat melihat bunga sakura pertama di Jepang yang mengijinkan pengunjungnya membawa dan meminum minuman ber-alkohol. Penerangan pada malam hari juga digunakan pada saat musim sakura. Tetapi berbeda dengan banyak spot lain, di asukayama penerangan yang digunakan menggunakan lampion, sehingga member kesan berbeda dengan spot lain.

 Otanashi Waterpark

Lokasi ini sangat dekat dengan Taman Asukayama (Asukayama Park). Otanashi waterpark terletak di daerah Oji Distrik di bagian utara Tokyo. Taman ini adalah taman yang relative kecil, dengan atmosfer tradisional Jepang yang kental. Taman ini dilewati sebuah kanal yang terbentang sepanjang distrik Oji. Kita bisa menikmati indahnya sakura dari jembatan kayu khas Jepang yang berada di atas kanal, atau bisa juga sambil duduk ditepi kanal sambil merendam kaki. Penerangan malam juga dipasang disekitaran Jembatan kayu, membuat pemandangan menjadi begitu indah. 

Showa Memorial Park (Taman Memorial Showa)

Showa Memorial Park adalah taman nasional yang terletak di Kota Tachikawa, pinggiran Tokyo. Ini adalah taman terbesar di Tokyo dan terdiri dari lapangan rumput, ladang berbagai macam bunga, taman tradisional Jepang dengan kolam, taman bergaya Barat, dan banyak fasilitas lainnya. Pengunjung bisa berkeliling menikmati pemandangan, piknik, dan menikmati taman bunga musiman sepanjang tahun.
Showa National Park merupakan salah satu tempat popular untuk melihat bunga sakura mekar dan dedaunan di musim gugur. 

Taman ini mempunyai sekitar 1500 pohon sakura. Taman ini juga sangat luas, sehingga ketika musim sakura pun, kita tidak khawatir bahwa taman ini terlalu sesak. Meskipun di puncak musim sakura mekar, kita masih bisa leluasa berjalan-jalan di taman ini.
Demikianlah, 10 spot atau tempat melihgat bunga sakura di area sekitar Tokyo menurut Indonesia Best 10. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin melihat bunga sakura di Tokyo Jepang.


Comments