10 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

10 langkah sederhana menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan kita. Akan percuma kita mempunyai fisik yang sehat tetapi mental kita sakit. Dan seringkali munculnya penyakit fisik juga disebabkan oleh kondisi mental yang kurang sehat.

Ternyata ada banyak langkah sederhana bisa dilakukabn untuk menjaga kesehatan. Dengan langkah-langkah sederhana ini kita bisa merasakan seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan mental terhadap stress, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Apa sajakah langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mental tersebut? Berikut 10 diantaranya

 

1.       Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang lebih positif, maka hal ini membuat kita lebih positif.

2.       Tuliskan Hal-Hal yang perlu disyukuri

Rasa bersyukur sangat penting untuk peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan  menuliskan berbagai hal yang perlu kita syukuri setiap harinya.  Temukan dan tuliskan sesuatu untuk disyukuri hari ini, dan hayati dalam hati kita, maka kita akan merasakan sensai tenang dan tentram dalam hati kita.

3.       Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negative atau perasaan tentang masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kita untuk fokus. Ketika pikiran kita terbang melayang dan membuat berfikir berlebihan, segera focus dengan apa yang sedang kita hadapi saat ini.

4.       Menekuni Hobi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan hobi. Ketika kita sedang berpikir negatif yang bisa membuat kita mengalami depresi atau semacamnya, hobi bisa mengalihkan fokus pikiran kita. Tekuni hobi yang kita senangi, terutama yang bisa member manfaat positif. Misalnya berkebun, memasak, bersepeda, dan lain-lain.

5.       Rutin berolahraga

Ketika kita berolah raga tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kita. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Lakukan cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan lebih baik kalau dikerjakan  di luar ruangan. Terkena sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

6.       Terbukalah pada Seseorang

Mengetahui bahwa kita dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kita berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain,. Hal ini bisa membuat kita lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

7.       Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek positif pada perasaan kita tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri.

8.       Tidur Tepat Waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

9.       Traveling

Dengan melakukan travelling, entah itu jauh atau dekat, akan membuat kita menemukan suasana baru. Hal ini akan membuat kita merasa lebih segar dan menghilangkan stress. Sesuaikan tujuan travelling kita dengan budget ataupun waktu yang tersedia. Tidak harus ke tempat-tempat yang terkenal, bisa juga kita melakukan travelling sederhana ke tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal kita.

10.   Evaluasi dan kenali diri sendiri

 Agar kualitas hidup dan kesehatan mental kita terus membaik, kita perlu melakukan evaluasi diri untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki. Demikian juga dengan hal-hal positif yang perlu ditingkatkan untuk membuat kita merasa lebih baik dan jauh dari stress.

Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan. Kita hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Jika kamu merasa kesehatan mental sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya, jangan ragu untuk menghubungi dokter jiwa atau psikiater ya.


Comments