10 Manfaat bersepeda yang harus kita ketahui

manfaat bersepeda

Akhir-akhir ini, kegiatan bersepeda sedang booming, sampai-sampai toko-toko sepeda banyak yang kehabisan stok. Pelanggan harus indent dahulu, dan satu-dua bulan kemudian sepeda yang di pesan baru datang.

Namun apakah kita tahu apa saja manfaat bersepeda? Berikut di antaranya.

1.       Menyehatkan jantung

Bersepeda sangat bagus untuk menguatkan jantung. Sehingga jantung kita lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

2.       Menurunkan darah tinggi dan gula darah

Sebagai olah raga yang memerlukan kegiatan fisik, bersepeda membantu berbagai organ bekerja lebih optimal, termasuk jantung. Selain itu juga bersepeda bisa membakar kalori dan bisa menurukan kadar gula dan juga tekanan darah.

3.       Menurunkan berat badan

Dengan bersepeda secara rutin, maka kita akan membakar lebih banyak kalori, yang bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

4.       Menguatkan otot

Selama mengayuh sepeda, otot bagian bawah kita tangan dibuat bekerja keras, sehingga otot kaki dan tangan menjadi lebih kuat.

5.       Melatih pernapasan

Mengayuh sepeda juga membuat paru-paru bekerja lebih keras, dan dengan demikian membuat paru-paru lebih sehat dan kuat.

6.       Melatih keseimbangan dan koordinasi

Saat ita menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap tegak, kita akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur badan secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia, jadi penting untuk tetap dijaga. Meningkatkan keseimbangan bermanfaat dalam pencegahan jatuh dan patah tulang.

7.       Menjaga kelestarian lingkungan

Dengan anda menggunakan sepeda sebagai alat transportasi,maka kita telah membantumengurasi polusi, dan membantu menjaga lingkungan kita agar tetap asri dan sehat.

8.       Mengurangi stress dan menyegarkan pikiran

Mengayuh sepeda bisa membantu tubuh melepaskan keringat dan juga endorphin, yaitu zat kimia dalam otak, yang menyebabkan perasaan bahagia atau senang.  Selain itu, bersepeda di luar ruangan juga membuat kita bisa menghirup udara segar dan melihat pemandangan. Dengan bersepeda kita juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan juga membuat suasana hati kita menjadi lebih baik.

9.       Menghemat biaya

Anda yang melakukan bike to work, atau bepergian menggunakan sepeda, otomatis bisa menghemat anggaran yang mungkin selama ini digunakan untuk membeli tiket ataupun membeli BBM.

10.   Menambah teman

Bersepeda akan membuat anda bertemu dengan pecinta sepeda lain, dan otomatis ini akan membuat anda menambah teman dari kalangan sesama pecinta sepeda. Namun hati-hati agar tidak “keracunan” ya.

 

Nah, ternyata begitu banyak manfaat bersepeda yang kita bisa dapatkan. Tunggu apalagi, ayo mulai sekarang mulai bersepeda! Gowes Bang!

 

 

Comments