10 Manfaat buah pisang yang harus kita ketahui

manfaat buah pisang bagi kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah pisang? Rasanya lezat, mudah di dapat, dan harganya sangat terjangkau. Namun apakah anda tahu bahwa buah pisang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita?

Berikut 10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh kita.

1.      Sumber energi

Pisang adalah sumber energi yang baik saat berolah raga atau aktifitas fisik.

2.       Membantu otot bekerja dengan baik

Kandungan pottasium yang tinggi membantu otot bergerak dengan baik dan mencegah kram.

3.       Menyehatkan Jantung

Kandungan nutrisi dan  antioksidan di dalam pisang membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Sehingga pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke..

4.       Menangkal efek kerusakan sel

Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada pisang bisa menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh.

5.       Membantu menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium yang terdapat pada pisang juga meringkankan tugas ginjal dalam pembersihan darah, sehingga membantu menjaga kesehatan ginjal.

6.       Sangat bagus bagi pencernaan

Kandungan serat yang tinggi membantu melancarkan pencernaan, sehingga BAB lebih lancer dan mencegah konstipasi.

7.       Sumber vitamin C yang tinggi

Satu buah pisang rata-rata mengandung 10mg vitamin C. Seperti yang kita tahu vitamin C sangat bagus untuk menjaga imunitas (kekebalan tubuh).

8.       Mencegah kanker usus besar

Menurut penelitian, banyak mengkonsumi sayur dan buah yang mempunyai kandungan anti-oksidan tinggi  membantu mengurangi resiko kanker usus besar. Salah satu buah yang mempunyai anti-oksidan tinggi adalah adalah buah pisang.

9.       Membantu program diet

Dengan kandungan serat yang tinggi, membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga membuat kita lebih bisa menunda makan. Dengan demikian kita bisa lebih berdiet.

  10. Bagus untuk kulit

Pisang yang sudah terlalu matang jangan langsung dibuang. Bisa kita gunakan sebagai masker muka. Ternyata dalam buah pisang terdapat kandungan moisture (pelembab). Moisture ini bersama dengan kalium, membantu melembabkan kulit yang kering, dan bisa membuat lebih lembut.

 

Nah ternyata banyak sekali manfaat dari buah pisang ya. Jadi mulai saat ini jangan ragu untuk mengkonsumsi buah pisang banyak-banyak.

Selamat mencoba!

 

 

 


Comments